Minggu, 27 Januari 2013

jurnal Psikologi Sosial

Jurnal Psikologi Sosial

 

Print

E-mail

 

Ikatan Psikologi Sosial (IPS), bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UI, mulai bulan April 2011 akan menerbitkan jurnal berkala (tiap 1 tahun terbit 2 kali, yakni setiap bulan April dan Oktober).

Nama jurnal itu adalah JURNAL PSIKOLOGI SOSIAL (disingkat JPS).

JURNAL PSIKOLOGI SOSIAL (JPS) adalah sarana untuk mengembangkan psikologi sosial sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai ilmu terapan, melalui publikasi naskah-naskah ilmiah dalam bidang tersebut.

[Image]

Yang dimaksud dengan bidang ilmu psikologi sosial adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada studi tentang perilaku manusia dalam lingkungan sosialnya. Sedang yang dimaksud dengan naskah ilmiah adalah tulisan yang disusun dengan kriteria baku dari APA (American Psychological Association) berdasarkan penelitian empirik, pengkajian teoritik ataupun gabungan antara keduanya.

Beberapa contoh kajian psikologi sosial adalah mengenai proses individual dalam kaitannya dengan rangsang/lingkungan sosial (pembentuka/perubahan sikap, prasangka, minat dsb.), proses individu bersama (nilai, norma sikap kelompok, kognisi sosial dsb.) serta hubungan intra dan/atau inter kelompok (kompetisi, konflik, kerjasama dsb.)

Kajian dalam bidang-bidang psikologi lainnya dapat dimuat dalam jumlah terbatas dalam JPS sepanjang memiliki relevansi dengan psikologi sosial; apakah berkaitan dengan tema, pendekatan, teori dan sebagainya.

Untuk itu kami mengundang teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik semua yang telah melakukan penelitian atau memiliki ide-ide kreatif dalam perspektif psikologi sosial, untuk turut berpartisipasi mengirimkan artikel-artikelnya untuk dimuat di jurnal ini. Targetnya, jurnal ini di tahun 2014 akan menjadi jurnal terarkreditasi, mengingat potensinya yang bagus di masa lalu dan di  masa depan. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk kirim artikel-artikelnya kepada kami.

Secara de facto, jurnal itu (JPS) sebetulnya sudah lama ada, yakni didirikan dan dikelola oleh Bagian Psikologi Sosial, Fakultas Psikologi UI. Namun, karena sudah beberapa tahun tidak terbit, maka IPS berinisiatif untuk menghidupkannya kembali.

IPS berkepentingan untuk memiliki dan mengelola sebuah jurnal ilmiah, mengingat sebagai sebuah asosiasi profesi dan ilmiah, kita memerlukan sebuah wadah komunikasi ilmiah seperti jurnal yang memiliki kualitas yang bagus.

Mengenai persyaratan untuk penulisan artikel di jurnal ini, akan kami umumkan  dalam waktu dekat ini. Artikel-artikel anda silahkan dikirim via e-mail ke: Dr. Zainal Abidin < znlabidin22@gmail.com>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar